Search

Anggota DPR, DPD, MPR Periode 2019-2024 Dilantik Hari Ini - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Ruang rapat paripurna I Gedung 'Kura-kura' MPR yang terletak di dalam Kompleks MPR/DPR, Jakarta kembali menjadi saksi bisu pelantikan sejumlah anggota MPR, DPR, dan DPD periode 2019-2024 yang digelar hari ini, Selasa (1/10) pagi.

Berdasarkan agenda resmi rangkaian acara pelantikan anggota MPR, DPR dan DPR yang diterima CNNIndonesia.com, acara itu akan dimulai sekitar pukul 09.15 WIB.

Prosesi awal dari agenda pelantikan itu adalah pengumuman pemimpin sementara bagi MPR, DPR dan DPD oleh masing-masing Sekjen MPR, DPR dan DPD.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan prosesi pelantikan anggota DPR. Agenda ini diawali dengan dengan pembukaan Rapat Paripurna oleh pimpinan sementara DPR yang sudah dipilih Sekjen DPR. Selanjutnya, pihak Sekjen DPR akan membacakan Keputusan Presiden tentang Peresmian Anggota DPR 2019-2024.

Tahap selanjutnya adalah pengambilan sumpah/janji 575 anggota DPR terpilih periode 2019-2024 pada pukul 10.00 WIB, dengan dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali.

Gedung Kura-kura di kompleks parlemen.Gedung Kura-kura di kompleks parlemen. (Adhi Wicaksono)
Setelah itu, rapat paripurna DPR secara resmi ditutup oleh pimpinan sementara dan diskors selama lima menit untuk berganti prosesi acara.

Sekitar pukul 10.35 WIB, acara berganti dengan rangkaian prosesi pelantikan 136 anggota DPD terpilih tahun 2019-2024. Pertama, pihak Sekjen DPD akan memilih pimpinan sementara untuk membuka sidang paripurna DPD. Setelah itu, pihak Sekjen DPD akan membacakan Keputusan Presiden tentang Peresmian Anggota DPD 2019-2024.

Prosesi puncak pun akan dimulai. Hatta Ali akan kembali posisi untuk mengambil sumpah bagi 136 anggota DPD terpilih. Setelah itu, anggota DPD akan melakukan penandatanganan berita acara pengucapan sumpah pelantikan.

Setelah itu, rapat paripurna DPD pun secara resmi ditutup oleh pimpinan sementara dan diskors selama lima menit untuk berganti prosesi acara.

Acara dilanjutkan dengan rangkaian prosesi pelantikan bagi anggota MPR sekitar pukul 11.00 WIB. Prosesi ini akan diawali oleh pemilihan pimpinan sidang MPR sementara untuk membuka sidang paripurna MPR. Usai itu, acara dilanjutkan dengan pembacaan Keputusan Presiden tentang Peresmian Anggota MPR 2019-2024 oleh Sekjen MPR.

Seusai itu, Ketua MA Hatta Ali kembali akan mengambil sumpah/janji bagi 711 anggota MPR periode 2019-2024. Setelah itu, pimpinan sementara MPR akan melakukan penandatanganan berita acara pengucapan sumpah pelantikan.

DPR, DPD, MPR Periode 2014-2024 Dilantik Hari IniFoto: CNNIndonesia/Basith Subastian
Acara prosesi pelantikan anggota MPR pun akan berakhir dengan ditutup dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama.

Sekjen DPR Indra Iskandar menegaskan acara pelantikan anggota MPR, DPR, dan DPD baru akan dimulai jika Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla sudah hadir.

Dalam pelantikan kali ini, pimpinan DPR periode 2014-2019 akan menyerahkan memori berisi hal-hal yang harus ditindaklanjuti oleh DPR periode 2019-2024 kepada pimpinan DPR sementara.

Acara pelantikan dijadwalkan selesai pada 11.40 WIB. Lalu para anggota dewan akan dijamu makan siang sebelum memulai kerja pertana mereka.

"Habis itu masuk lagi untuk pembahasan di fraksi masing-masing terhadap agenda yang sudah kami susun, persiapan ketua dan pimpinan DPR," ujar Indra.

(rzr/arh)

Let's block ads! (Why?)



Berita teratas - Google Berita
October 01, 2019 at 06:53AM
https://ift.tt/2nYnpaW

Anggota DPR, DPD, MPR Periode 2019-2024 Dilantik Hari Ini - CNN Indonesia
Berita teratas - Google Berita
https://ift.tt/2neeZMr

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Anggota DPR, DPD, MPR Periode 2019-2024 Dilantik Hari Ini - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.