Search

Maha Karya Ciputra di Masa Ali Sadikin... - Kompas.com - KOMPAS.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendiri Ciputra Grup, Ciputra memiliki andil pembangunan yang besar di masa-masa pembangunan DKI Jakarta.

Khususnya di saat Ciputra ditunjuk untuk mengelola PT Pembangunan Jaya Ancol oleh Ali Sadikin yang saat itu menjabat Gubernur DKI Jakarta.

Dalam biografi Ali Sadikin "Membangun Jakarta menjadi Kota Manusiawi" yang ditulis Ramdhan KH, ada beragam proyek pembangunan di masa Ali Sadikin yang dipegang Ciputra masih bisa dinikmati hingga saat ini.

"Dalam perkembangannya, PT Pembangunan Jaya (yang dipimpin Ciputra) berhasil membangun Proyek Senen, Gedung Balaikota, Proyek Ancol, jalan-jalan dan jembatan-jembatan, serta sejumlah proyek besar lainnya," ujar Ali Sadikin, sebagaimana dikutip dari buku tersebut.

Baca juga: Sosok Ciputra di Mata Para Tokoh Properti

Tidak hanya itu, PT Pembangunan Jaya di tangan dingin Ciputra juga berhasil memenangkan tender-tender dari proyek pemerintahan pusat.

Ali mengatakan, proyek tersebut tidak hanya berada di ranah DKI Jakarta saja, tetapi sampai ke daerah-daerah.

PT Pembangunan Jaya akhirnya melebarkan sayap untuk menangani proyek-proyek swasta.

Meski terbilang sukses di bawah kepemimpinan Ciputra, Ali Sadikin mengatakan kesuksesan PT Pembangunan Jaya dengan 60 persen saham milik DKI Jakarta tersebut tidak terlepas dari gonjang-ganjing.

"Setelah Pembangunan Jaya jadi besar, Ciputra yang disorot, seperti dipersalahkan, dituding ini dan itu dengan tidak pada tempatnya," kata dia.

Baca juga: Ketika Ali Sadikin Sanjung Kecerdasan Ciputra dalam Urusan Pembangunan

Ali Sadikin memberikan pembelaan untuk Ciputra. Bahwa kesuksesan yang PT Pembangunan Jaya di bawah Ciputra telah terbukti dari perkembangan PT Pembangunan Jaya yang menetaskan 30 anak perusahaan.

"Pada akhir jabatan saya, Pembangunan Jaya mempunyai kurang lebih 30 anak perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan, pembangunan, konstruksi, jasa rekreasi, dan bidang usaha lainnya," kata Ali.

Let's block ads! (Why?)



Berita teratas - Google Berita
November 28, 2019 at 09:43AM
https://ift.tt/2shcon1

Maha Karya Ciputra di Masa Ali Sadikin... - Kompas.com - KOMPAS.com
Berita teratas - Google Berita
https://ift.tt/2neeZMr

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Maha Karya Ciputra di Masa Ali Sadikin... - Kompas.com - KOMPAS.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.