Search

Profil Ciputra yang Meninggal di Usia 88 Tahun - Detikcom

Jakarta - Pengusaha Ir Ciputra meninggal dunia di Singapura pada Rabu dini hari pukul 01.05. Dia meninggal di usia 88 tahun.

Sebelum menghembuskan nafas terakhir, Ketua Apindo Hariyadi Sukamdani mengungkapkan bahwa kesehatan Ciputra memang menurun. Bahkan, Ciputra sudah melakukan cuci darah.

"Iya benar (Ciputra meninggal dunia). Beberapa waktu terakhir ini almarhum sudah cuci darah," ungkap dia.

Berikut profil Ciputra yang dirangkum detikcom:

1. Hidup Susah

Pendiri Ciputra Group ini ternyata pernah merasakan hidup susah. Kala itu, ayahnya Tjin Hoan tewas di tangan tentara Jepang dan menyebabkan perekonomian keluarganya susah.

Ia pun harus rela kotor-kotoran bercocok tanam dan berburu ke dalam hutan demi mendapat makan.

2. Atlet Lari

Pemilik nama asli Tjie Tjin Hoan juga dikenal sebagai atlet lari saat duduk di bangku SMA. Bahkan, Ciputra kala itu sempat mewakili Sulawesi Utara untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional II di Jakarta.

3. Kuliah di ITB

Ciputra juga mencicipi bangku kuliah di Institut Teknologi Bandung. Kala itu, suami dari Dian Sumeler ini juga mengambil jurusan Teknik Arsitektur dan mulai merintis bisnis bersama sahabatnya.


4. Bisnis

Keuletannya membuat bisnis Ciputra terus berkembang, mulai dari proyek hotel hingga mall ia kerjakan. Beberapa contoh proyeknya adalah Taman Impian Jaya Ancol, Bumi Serpong Damai, Pondok Indah, hingga Ciputra World II.

5. Punya Harta Rp 18,2 T

Ciputra tercatat memiliki harta mencapai US$ 1,3 miliar atau setara dengan Rp 18,2 triliun (kurs Rp 14.000). Ciputra berada di urutan 1941 orang terkaya di dunia, dan urutan 27 di Indonesia pada tahun 2018.

Simak Video "Pengusaha Ciputra Tutup Usia"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/zlf)

Let's block ads! (Why?)



Berita teratas - Google Berita
November 27, 2019 at 12:22PM
https://ift.tt/2QXS84b

Profil Ciputra yang Meninggal di Usia 88 Tahun - Detikcom
Berita teratas - Google Berita
https://ift.tt/2neeZMr

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Profil Ciputra yang Meninggal di Usia 88 Tahun - Detikcom"

Post a Comment

Powered by Blogger.