Search

Misteri Pengganti Bos ISIS al-Baghdadi yang Juga Dihabisi AS - SINDOnews.com

loading...

BAGHDAD - Presiden Donald John Trump mengatakan sosok yang kemungkinan akan menjadi yang pertama menggantikan pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi telah dihabisi pasukan khusus Amerika Serikat (AS). Namun, Trump tak merinci sosok potensial suksesor al-Baghdadi yang sudah dibunuh tersebut.

"Baru saja mengonfirmasi bahwa pengganti nomor satu Abu Bakr al-Baghdadi telah dihabisi oleh pasukan Amerika. Kemungkinan besar akan mengambil tempat teratas. Sekarang dia juga mati!," tulis Trump di Twitter.

Secara terpisah, pemerintah AS mengonfirmasi pembunuhan terhadap Abu al-Hassan al-Muhajir. Dia adalah juru bicara Islamic State of Iraq and Syria/Levant (ISIS/ISIL) dan seorang tokoh berpangkat tinggi dalam kelompok itu. (Baca: Abu Bakr al-Baghdadi Tamat, Ini Pemimpin Baru ISIS)

Baca Juga:

Sejak operasi militer AS yang berujung pada kematian al-Baghdadi, para pemimpin dunia dan analis regional telah memperingatkan bahwa ISIS akan tetap menjadi ancaman bagi seluruh dunia meski al-Baghdadi telah tewas.

Di bawah komando al-Baghdadi, ISIS menjadi salah satu kelompok bersenjata paling brutal dalam sejarah modern dan, pada puncaknya, kekhalifahan yang dideklarasikannya sendiri mencakup sebagian wilayah Irak dan Suriah yang kira-kira setara dengan ukuran Inggris.

Siapa Suksesor al-Baghdadi?

Masih belum jelas siapa yang akan mengambil alih komando puncak ISIS. Saluran media sosial ISIS belum mengonfirmasi pengumuman kematian al-Baghdadi yang disampaikan Trump pada hari Minggu, atau pun menyinggung calon penggantinya.

Analis berspekulasi bahwa daftar calon penggantinya kemungkinan sedikit. Banyak yang menunjuk Abu Othman al-Tunsi, seorang warga negara Tunisia yang mengepalai Dewan Syura ISIS. Menurut seorang ahli Irak tentang ISIS; Hisham al-Hashemi, Dewan Syura ISIS adalah sebuah badan legislatif dan konsultatif kelompok tersebut. (Baca juga: Tak Hanya Baghdadi, Pasukan AS Kemungkinan Juga Habisi Suksesornya)

Berbicara kepada kantor berita AFP yang dilansir Rabu (30/10/2019), al-Hashemi mengatakan Abu Saleh al-Juzrawi—dikenal sebagai Haji Abdullah—juga dapat memimpin ISIS. Menurutnya, Al-Juzrawi adalah warga negara Arab Saudi yang menjalankan Komite Delegasi ISIS.

Spekulasi juga berpusat pada Abdullah Qardash, seorang mantan perwira militer Irak era Saddam Hussein yang dipenjara bersama al-Baghdadi di penjara Camp Bucca yang dikelola AS di Irak. Qardash inilah sosok yang sebelumnya dilaporkan media-media Barat sebagai pengganti al-Baghdadi. Namun, tak jelas apakah dia masih hidup atau ikut terbunuh dalam operasi Sabtu malam lalu di Idlib, Suriah

Mengutip sumber-sumber intelijen Irak, al-Hashemi mengatakan bahwa Qardash telah tewas sejak 2017.

(mas)

Let's block ads! (Why?)



Berita teratas - Google Berita
October 30, 2019 at 07:56AM
https://ift.tt/2NmIbtD

Misteri Pengganti Bos ISIS al-Baghdadi yang Juga Dihabisi AS - SINDOnews.com
Berita teratas - Google Berita
https://ift.tt/2neeZMr

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Misteri Pengganti Bos ISIS al-Baghdadi yang Juga Dihabisi AS - SINDOnews.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.